Informasi Bahan Bangunan

Macam-Macam Pipa Air Rumah Tangga

Pipa air tersedia dalam berbagai bentuk, ukuran dan bahan-bahan yang biasa digunakan oleh tukang pipa. Pi-pipa rumah tangga terbagi dalam dua kategori yang bisa digunakan oleh pemilik rumah dan tukang pipa yaitu logam dan plastik. Kedua jenis pipa tersebut memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing.Jika Anda akan menggunakan pipa logam, ada beberapa jenis pipa yang bisa Anda pilih antara lain pipa tembaga,pipa baja galvanis,pipa stainless dan pipa besi.Sedangkan pipa plastik yang bisa Anda gunakan antara lain pipa PVC,pipa CPVC,PEX,PB dan ABS.

Pipa tembaga telah digunakan sejak tahun 1960-an. Jenis pipa ini termasuk mahal untuk pipa rumah tangga, tetapi pipa tembaga sangat handal untuk digunakan sehari-hari. Pipa ini tersedia dalam tiga ukuran yaitu M, L, dan K yang masing-masing memiliki ukuran tipis dan tebal yang berbeda. Pipa ukuran K biasanya digunakan untuk jalur kereta bawah tanah,sedangkan M dan L digunakan sebagai saluran interior. Pipa ukuran M dan L cocok digunakan untuk air panas dan dingin. Kelebihan pipa tembaga adalah tidak rentan terhadap kebocoran.

Pipa baja galvanis telah digunakan untuk pipa rumah tangga hampir secara eksklusif selama  tahun 1960-an. Ini adalah pipa logam berwarna abu-abu yang biasanya bisa Anda lihat pada saluran pipa rumah tangga. Pipa ini biasanya bisa bertahan selama sekitar 40 tahun sebelum akhirnya diganti dengan pipa plastik. Pipa stainless steel adalah jenis pipa yang saat ini sudah  jarang dilihat di rumah-rumah. Sebenarnya pipa jenis ini sangat kuat, tapi juga sangat mahal. Pipa stainless steel biasanya digunakan dalam lingkungan laut karena lebih tahan terhadap air garam dibandingkan jenis pipa lainnya.

Pipa besi banyak digunakan pada masa lalu untuk drainase. Pipa besi benar-benar tahan lama, tetapi karena memiliki beban yang berat membuat jenis pipa ini sedikit menyulitkan pekerjaan ketika dipasang. Jika pipa besi rusak, bisa diganti dengan pipa PVC karena pipa PVC bisa dengan mudah disambungkan ke pipa besi. Pipa besi hitam tidak pernah digunakan untuk pipa rumah tangga. Banyak orang salah paham menggunakannya untuk pipa air, padahal pipa ini hanya cocok untuk saluran gas.

Saat ini banyak orang menggunakan pipa plastik secara konsisten untuk pipa rumah. Pipa plastik lebih tahan lama dan lebih murah sehingga bisa menjadi solusi atau alternatif penggunaan pipa logam. Pipa Polivinil Klorida atau pipa PVC, berwarna putih dan digunakan untuk penggunaan air dingin saja. Pipa ini biasanya digunakan untuk saluaran suplai air utama di rumah. Jika Anda ingin menggunakan pipa PVC untuk saluran air minum, pastikan bahwa pipa tersebut cocok untuk air minum.Sedangkan pipa polivinil klorida terklorinasi atau CPVC tersedia dalam warna krem. Pipa ini cocok untuk penggunaan air panas maupun air dingin.Saluran tidak boleh ditempatkan bawah tanah karena akan meledak jika saluaran ini membeku.

Pipa polietilena (PEX) digunakan secara ekstensif di rumah-rumah baru karena bisa digunakan untuk air panas dan dingin. Saluran PEX lebih tahan panas dibandingkan dengan pipa plastik lainnya. Saluran-saluran pipa rumah ini tersedia dalam warna merah, putih dan biru. Saluran polybutylene (PB) digunakan di rumah-rumah dari tahun 1970-an sampai 1990-an. Pipa ini adalah satu-satunya pipa plastik fleksibel yang disetujui untuk pasokan air panas dan dingin, tetapi memiliki kekurangan rentan terhadap kebocoran. Acrylonitrite-butadiene-styrene (ABS) adalah saluran pipa plastik hitam yang hanya digunakan untuk drainase. Pipa ABS adalah alternatif pipa PVC dengan harga yang lebih murah.

Blog Archive

Total Pageviews

Copyright © Sarana Bangunan. All rights reserved. Template by CB. Theme Framework: Responsive Design