Informasi Bahan Bangunan

Macam-Macam Amplas

Amplas adalah sejenis alat kerja yang terbuat dari kertas atau kain yang telah ditambahkan dengan bahan yang kasar seperti butiran pasir sehingga kadang-kadang disebut juga dengan kertas pasir.Amplas berfungsi untuk membuat permukaan benda yang kasar menjadi lebih halus dengan cara menggosokkan permukaan kasarnya ke permukaan suatu bahan atau benda.

Jenis-jenis amplas menurut bentuk dan bahannya antara lain terdiri dari amplas lembaran dan amplas roll atau gulungan.Amplas lembaran ada yang terbuat dari kertas dan ada pula yang terbuat dari bahan kain yang masing-masing memiliki fungsi atau kegunaan yang berbeda-beda.Sedangkan amplas gulungan biasanya terbuat dari bahan kain dan merupakan amplas serba guna.

Kasar dan halusnya amplas ditunjukkan oleh angka yang tercantum dibalik  permukaan amplas yang kasar. Semakin besar angkanya biasanya menunjukkan semakin halus dan rapat susunan pasirnya.Sebagai contoh untuk nomor-nomor amplas kain antera lain adalah nomor 0,nomor 1,nomor 11/2,nomor 2,nomor 21/2,nomor 3 dan seterusnya.Sedangkan nomor-nomor pada amplas kertas dan amplas gulungan misalnya adalah nomor 80,100,120,150,180,240,400,500,1000 dan seterusnya.

Amplas kertas biasanya berfungsi untuk menggosok besi atau untuk menghilangkan karat di besi.Dalam penggunaannya amplas kertas biasanya dibasahi dengan air sehingga kadang-kadang disebut juga sebagai amplas air.Amplas kain biasanya digunakan untuk mengamplas tembok atau kayu.Dalam penggunaannya amplas kain tidak perlu dibasahi dengan air karena bagian kasarnya mudah rontok.

Sedangkan amplas roll atau gulungan biasanya bisa digunakan untuk menggosok berbagai macam bahan termasuk besi,tembok,kayu dan lai sebagainya.Ampas gulungan juga tidak mudah rontok sehingga jika digunakan untuk menggosok bahan dari besi bisa dibasahi dengan air seperti halnya amplas kertas.Namun jika digunakan untuk menggosok tembok maupun bahan dari kayu biasanya tidak perlu dibasahi.Karena memiliki banyak kegunaan maka amplas gulungan disebut juga sebagai amplas serbaguna.

Setelah Anda paham tentang amplas menurut bahan dan kegunaannya,semoga Anda tidak akan salah beli atau salah dalam menggunakannya.Macam-macam amplas yang Anda perlukan untuk membantu pekerjaan Anda bisa dibeli di toko bahan bangunan terdekat.Ampas lembaran biasanya dijual perlembar,sedangkan amplas gulungan biasanya dijual meteran.

Blog Archive

Total Pageviews

Copyright © Sarana Bangunan. All rights reserved. Template by CB. Theme Framework: Responsive Design