Informasi Bahan Bangunan

Lantai Parket,Lantai yang Unik dan Indah serta Tahan Lama

Lantai parket merupakan lantai kayu yang terbuat dari berbagai jenis potong kayu yang dipasang bersama seperti mosaik atau saling silang, dan bisa digunakan dalam ruangan besar seperti ballroom atau ruangan kecil seperti kamar mandi. Biasanya, parket ini terbuat dari berbagai jenis kayu dengan serat yang berbeda-beda, untuk membuat pola yang unik dan sedap dipandang. Teknik parket inlay juga digunakan pada furnitur atau barang-barang dekoratif, terutama di Timur Tengah dan India, yang telah lama memiliki tradisi dengan lantai parket yang indah dan berseni.

Tujuan utama dari parket adalah untuk menutupi balok lantai dan memberi permukaan untuk orang-orang yang berada di atasnya. Rumah murah cenderung memiliki lantai kayu polos karena lebih murah, sedangkan rumah mewah memiliki lantai yang terbuat dari batu hias seperti marmer, batu gamping dan batu tulis. Pada saat parket dikembangkan, hal ini membuka kemungkinan penggunaan dekorasi lantai kayu di rumah-rumah mewah.Banyak pengembang mulai menggunakan lantai parket dengan alasan  bahwa teknik parket bisa menciptakan lantai yang unik,indah,awet dan tahan lama.Parket juga tidak menyerap kelembaban dan membusuk di balok lantai.

Pada dasarnya semua jenis kayu bisa digunakan sebagai parket untuk menciptakan sebuah pola. Kadang-kadang pola parket terdiri dari variasi serat yang sedikit berbeda antara ubin di lantai, sedangkan lantai lain mungkin menggunakan strip warna yang sangat berbeda. Pola klasik parket meliputi herringbone, keranjang, chevron, dan gaya lantai batu bata. Dekorasi parket menggunakan bermacam-macam bentuk geometris untuk membuat pola yang luas dan indah yang mencakup tema bunga, sunbursts, atau seni abstrak.

Secara tradisional, parket terbuat dari potongan-potongan kayu solid yang dipotong dalam pola lidah dan alur sehingga bisa dipasang bersama-sama. Seperti halnya dengan lantai kayu solid, lantai parket juga bisa diampelas dan dihaluskan kembali setelah mengalami penurunan kualitas karena termakan usia, dan beberapa lantai masih bisa difinishing kembali sebelum akhirnya merlukan penggantian. Parket murah menggunakan veneer, strip tipis kayu berkualitas tinggi yang dipasang pada papan partikel. Veneer kadang-kadang bisa difinshing kembali, sedangkan jenis parket termurah yaitu lantai laminasi tidak bisa di finishing kembali.

Sebagian besar toko bahan bangunan sudah menyediakan bahan-bahan yang diperlukan untuk lantai parket. Penggunaan jasa profesional sangat dianjurkan untuk lantai parket luas dan unik, untuk memastikan pola yang konsisten dan dirancang dengan baik. Untuk ruangan yang lebih kecil, Anda bisa melakukannya sendiri dan pemasangan bisa diselesaikan dalam beberapa hari saja terutama jika Anda dibantu oleh beberapa orang asisten.

Blog Archive

Total Pageviews

Copyright © Sarana Bangunan. All rights reserved. Template by CB. Theme Framework: Responsive Design