Informasi Bahan Bangunan

Furniture Rotan,Murah Ringan Awet dan Eksotis

Furniture rotan terbuat dari batang rotan, merupakan spesies palem yang sangat mirip dengan bambu. Rotan relatif murah, ringan, sangat awet dan tahan lama.Rotan juga memiliki estetika yang eksotis sehingga sangat diminati dan menjadi  pilihan populer sebagai dekorasi rumah. Penggunaannya cukup fleksibel,yaitu bisa digunakan untuk dekorasi indoor maupun outdoor.

Rotan adalah salah satu alternatif pengganti kayu yang paling kuat, memiliki inti yang solid dan tumbuh liar dan berlimpah di Asia Tenggara. Untuk merubah rotan menjadi furnitur, batang rotan harus dipotong menjadi ukuran tertentu, biasanya sekitar 3,7 sampai 5.5 meter, kemudian dikukus hingga cukup lembut agar melengkung dan berbentuk.

Sifat eksotis dari rotan menjadikan furnitur rotan sangat cocok digunakan dalam ruangan dengan tema tropis atau asia. Meskipun sering digunakan sebagai furnitur outdoor untuk teras atau beranda, furnitur rotan juga bisa dibuat untuk penggunaan indoor.Banyak perusahaan menawarkan perlengkapan makan, perlengkapan ruang tamu, dan perlengkapan kamar tidur yang terbuat dari rotan. Hampir semua furnitur bisa dibuat dari rotan antara lain kursi,sofa,meja,tempat tidur dan lain sebagainya. Rotan juga mudah dicat dan diwarnai, sehingga furnitur rotan mudah disesuaikan dengan dekorasi ruangan lainnya.

Berbagai perusahaan rotan bisa ditemukan di Asia Tenggara termasuk Indonesia. Meskipun bahan rotan biasanya dibuat atau diproduksi di negara-negara ini, namun bahan-bahan tersebut tidak dibuat menjadi furniture jadi. Perusahaan-perusahaan di Asia Tenggara akan mengekspor  ke produsen di negara lain yang kemudian membuat bahan tersebut menjadi furniture jadi.

Furniture rotan sangat awet dan tahan lama,tidak seperti furniture yang terbuat dari kayu.Furniture rotan tidak memerlukan pelembab dan minyak  untuk mempertahankan bentuk, warna dan kekuatan selama beberapa tahun. Membersihkan rotan cukup hanya dengan mengelapnya dengan kain basah,dan tidak memerlukan bahan kimia khusus atau bahan lain yang diperlukan. Rotan juga mampu tetap berdiri dengan baik pada semua kondisi cuaca meskipun berada di luar ruangan.

Blog Archive

Total Pageviews

Copyright © Sarana Bangunan. All rights reserved. Template by CB. Theme Framework: Responsive Design