Informasi Bahan Bangunan

Cara Mengatasi Alkali Tanah

Memastikan adanya alkali tanah bisa bisa dilakukan dengan cara mengirimkan sampel untuk pengujian pH ke laboratorium. Ada beberapa perawatan jangka panjang dan musiman untuk alkali tanah. Penambahan pupuk yang mengandung amonia dan nitrogen bisa membantu menurunkan tingkat pH tanah selama beberapa tahun. Unsur belerang, besi sulfat, atau acidifier cair juga bisa mengatasi alkali tanah dalam jangka pendek.

Pada umumnya varietas tanaman akan tumbuh dengan baik di tanah dengan tingkat pH netral atau rendah. Tanah dengan tingkat pH tinggi dianggap alkali. Alangkah baiknya untuk melakukan pengujian keasaman tanah sebelum memulai program pengobatan. Jika tanah ternyata memiliki tingkat pH tinggi, solusi jangka panjang harus dilakukan seiring dengan program pengobatan jangka pendek.

Menambahkan pupuk berbasis amonia ke dalam tanah akan meningkatkan keasaman tanah dari waktu ke waktu. Nitrogen yang ditemukan dalam formula berbasis amonia akan efektif menurunkan kadar pH ketika digunakan secara teratur. Metode pengobatan alkali tanah ini bisa berkinerja dengan baik terutama dalam iklim hangat. Berhati-hatilah untuk tidak menambahkan terlalu banyak pupuk karena luapan air hujan bisa mencemari sungai dan danau terdekat. Penggunaan pupuk berlebihan juga bisa meningkatkan tingkat garam tanah dan membunuh tanaman.

Ada beberapa perawatan jangka pendek yang bisa meningkatkan alkali tanah untuk sementara. Unsur belerang bisa ditambahkan ke dalam tanah sebagai persiapan  sebelum masa tanam untuk memberikan manfaat secara musiman. Unsur ini biasanya menyebar di atas tanah dan digarap untuk kedalaman sekitar 15 cm. Pengujian tanah biasanya diperlukan untuk menentukan tingkat aplikasi yang benar. Unsur belerang perlahan-lahan akan meresap ke dalam tanah dari waktu ke waktu untuk mengurangi tingkat pH tanah.

Besi sulfat juga bisa digunakan untuk meningkatkan keasaman tanah dengan lebih cepat sebelum melakukan penanaman. Setelah itu harus dilakukan penyiraman  sesering mungkin setelah aplikasi. Tes tanah diperlukan untuk menentukan jumlah yang tepat yang dibutuhkan oleh tanah. Acidifier cair bisa diterapkan ke dalam tanah setelah tanaman mulai tumbuh. Perawatan ini harus diterapkan secara berkala untuk meningkatkan keasaman selama musim tanam.

Blog Archive

Total Pageviews

Copyright © Sarana Bangunan. All rights reserved. Template by CB. Theme Framework: Responsive Design