Informasi Bahan Bangunan

Cara Memilih Lem Karpet Terbaik

Lem karpet digunakan untuk menempelkan gulungan atau lantai karpet di atas subfloor atau bahan dasar yang lembut. Dengan memilih lem karpet yang tepat akan memiliki dampak yang besar pada keawetan dan kinerja pemasangan, dan bahkan bisa berpengaruh pada kualitas udara dalam rumah. Sebelum membeli lem karpet, konsultasikan dengan produsennya untuk mengetahui jenis lem yang disarankan. Setelah Anda memahami rekomendasi dari produsen karpet, Anda juga perlu mempertimbangkan faktor-faktor seperti waktu pengeringan, toksisitas dan tempat pemasangan karpet sebelum melakukan pembelian lem karpet.

Mayoritas produsen karpet menyediakan petunjuk lengkap cara pemasangan ke konsumen. Petunjuk ini sering termasuk rekomendasi pada lem karpet terbaik yang bisa digunakan berdasarkan jenis karpet yang akan Anda pasang. Beberapa produsen memperingatkan bahwa menggunakan lem yang salah bisa mempengaruhi penampilan atau daya tahan karpet. Produsen biasanya menyarankan penggunaan lem khusus, atau hanya merekomendasikan beberapa jenis lem yang akan berkinerja baik pada produk yang Anda beli. Sebaiknya Anda selalu mengikuti rekomendasi ini untuk memperoleh hasil yang maksimal dan membantu Anda meminimalkan masalah yang mungkin terjadi.

Jangan lupa,pertimbangkan juga lingkungan tempat Anda berencana untuk memasang karpet baru. Jika tempat tersebut memiliki masalah kelembaban, tetap dengan lem laut, yang biasanya digunakan pada daerah yang rawan kelembaban. Pertimbangkan juga tentang suhu pada saat Anda berencana untuk memasang karpet. Perekat tertentu dan bensin dirancang untuk bekerja dalam suhu yang sangat panas atau dingin, sedangkan perekat jenis lain tidak dianjurkan untuk digunakan ketika suhu turun di bawah titik beku. Karpet outdoor hanya boleh menggunakan produk lem karpet outdoor, sedangkan karpet indoor bisa ditempelkan dengan baik dengan lem karpet indoor.

Bila Anda sedang berencana untuk melakukan pemasangan karpet dan akan dikerjakan sendiri, maka Anda harus memiliki pemahaman dan keahlian tersendiri ketika Anda memilih lem karpet. Beberapa jenis lem  diberi label cepat kering dan tidak dirancang untuk pengguna pemula. Jangan gunakan produk ini jika Anda merasa kurang berpengalaman dalam pekerjaan ini.

Pilihlah lem yang sesuai dengan kebutuhan Anda dalam hal keamanan dan kualitas udara. Banyak produk lem karpet mengandung formalin dan zat beracun lainnya yang mengeluarkan gas beracun yang menimbulkan dampak negatif pada kualitas udara di rumah Anda. Jika Anda khawatir dengan bahaya gas beracun , maka pilihlah lem karpet berbasis air dan hindari produk lem berbasis pelarut. Periksa produk yang bebas formalin dan senyawa organik lain yang mudah menguap/ volatile organic compounds (VOC) .Pastikan produk lem yang Anda beli berlabel Zero VOC atau VOC Free.

Blog Archive

Total Pageviews

Copyright © Sarana Bangunan. All rights reserved. Template by CB. Theme Framework: Responsive Design