Informasi Bahan Bangunan

Berbagai Cara untuk Mengendalikan Nyamuk

Siapapun Anda dan apapun profesi Anda,tentunya pernah mengalami rasanya digigit nyamuk dan betapa menjengkelkan gigitannya. Rasa gatal dan terus menerus menggaruk sudah cukup untuk membuat orang stress. Namun, sebenarnya nyamuk bisa menjadi lebih dari sekadar gangguan dan benar-benar mematikan. Selama berabad-abad, nyamuk telah membunuh lebih banyak orang daripada hewan lain, karena nyamuk bisa menularkan penyakit mematikan, seperti malaria, demam berdarah,cikungunya dan lain-lain. Mengingat bahwa nyamuk telah ada sejak jutaan tahun sebelum manusia,maka tak heran jika pengendalian nyamuk selalu menjadi prioritas selama berabad-abad.

Di antara berbagai metode untuk mengontrol nyamuk dan mungkin merupakan metode tertua dan paling populer adalah penggunaan kelambu. Kelambu merupakan bahan tipis yang dibuat dari mesh halus sehingga cukup baik untuk mencegah nyamuk masuk dan menggigit tanpa menghalangi aliran udara.

Kelambu telah digunakan selama berabad-abad di seluruh dunia, terutama pada pembangunan Terusan Panama. Selama masa konstruksi, ribuan pekerja telah terinfeksi malaria yang mengakibatkan penyakit dan kematian.Kepala Insinyur dari proyek Terusan Panama bersikeras bahwa para pekerja harus menggunakan kelambu untuk melindungi mereka dari gigitan nyamuk. Hasilnya adalah penurunan dramatis pada pekerja yang terjangkit malaria.

Kelambu bisa digunakan dalam berbagai bentuk untuk melindungi Anda dari gigitan nyamuk. Salah satu metode yang paling populer pada penggunaan kelambu adalah dengan cara menggantungnya di langit-langit sehingga membentuk tirai pada tempat tidur seperti kanopi. Cara ini bisa Anda gunakan untuk agar terhindar dari gigitan nyamuk selama semalam suntuk. Kelambu juga bisa digunakan dalam latar outdoor dan berguna dalam situasi seperti pada saat berkemah atau tidur di luar rumah.

Pada tahun 1980-an produsen kelambu dan produsen insektisida bekerja sama untuk membuat ultimate dalam perlindungan nyamuk. Mereka menciptakan insektisida kelambu tahan lama, atau LLINs. Kelambu ini diresapi dengan insektisida paratiroid untuk perlindungan ganda. Pendapat sementara tentang penggabungan produk ini bahwa insektisida akhirnya bisa menghilang setelah kelambu berulang kali dicuci.

Seiiring dengan perkembangan zaman,saat ini telah berkembang pula berbagai metode baru untuk mengontrol nyamuk misalnya penggunaan kawat nyamuk atau kasa nyamuk yang biasanya dipasang pada lubang angin rumah.Kawat nyamuk atau kasa nyamuk berguna untuk mencegah nyamuk masuk ke dalam rumah tanpa menghalangi sirkulasi udara.Metode ini cukup aman dilakukan karena hampir tidak memiliki resiko.

Metode lain yang saat ini cukup populer untuk mengendalikan nyamuk antara lain penggunaan obat nyamuk bakar,lotion anti nyamuk dan penggunaan raket nyamuk dengan kelebihan dan kekurangannya masing-masing.Dari ketiga metode tersebut yang paling aman adalah penggunaan raket nyamuk karena tidak memiliki efek samping dan resiko kesehatan lainnya,seperti sesak nafas pada penggunaan obat nyamuk bakar dan iritasi kulit pada penggunaan lotion anti nyamuk.

Blog Archive

Total Pageviews

Copyright © Sarana Bangunan. All rights reserved. Template by CB. Theme Framework: Responsive Design