Informasi Bahan Bangunan

Mengenal Ubin Akustik dan Kegunaannya

Ubin atau lantai akustik digunakan dalam konstruksi bangunan untuk memaksimalkan kualitas suara yang dihasilkan. Produk ini juga bisa mengurangi transmisi suara yang tidak diinginkan yang datang dari luar ruangan. Ada beberapa jenis produk ubin akustik, termasuk yang bisa digantung dengan sistem grid pada langit-langit, bisa ditempelkan langsung ke langit-langit yang ada, serta bisa diikat ke permukaan dinding. Semua akustik bekerja dengan membuat permukaan yang lembut, yang mematikan gema atau pantulan suara yang tidak akan diperoleh dengan permukaan yang keras.

Ubin akustik umumnya digunakan di area umum yang luas untuk berbagai keperluan. Bioskop, ruang konser, dan gereja menggunakannya untuk menciptakan nuansa pengalaman pendengaran yang lebih menyenangkan. Selain itu, ubin akustik bertujuan untuk menghilangkan kebisingan dari luar ruangan seperti suara lalu lintas, agar orang-orang bisa lebih fokus untuk mendengarkan suara yang ada di dalam ruangan saja.. Kemampuan penyaringan suara ini sangat bermanfaat di sekolah dan gedung perkantoran,di tempat ini banyak orang yang mencoba untuk berkonsentrasi dan akan terganggu oleh suara orang lain di kamar yang berdekatan.

Pada awalnya ubin akustik hanya digunakan di kantor-kantor dan tempat-tempat hiburan, namun seiring berjalannya waktu ubin akustik mulai digunakan di perumahan-perumahan. Seperti halnya dalam aplikasi komersial, ubin akustik di ruangan kerja yang ada di rumah bisa meredam kebisingan dan kegaduhan keluarga dan juga bisa menambah pengalaman penggunaan media di rumah . Karena semakin banyak pemilik rumah mulai mempertimbangkan solusi ini untuk rumah mereka, produsen ubin telah memfokuskan diri untuk menyediakan ubin ini dengan harga yang terjangkau dan lebih menarik.

Pembeli tidak lagi dibatasi dengan kotak putih yang jelek. Saat ini ubin akustik tersedia dalam berbagai pola yang dirancang untuk menyerupai semen, batu atau bahkan kain. Ubin akustik telah menjadi lebih mudah untuk dipasang baik oleh profesional maupun orang awam sekalipun. Namun yang harus diingat bahwa ubin akustik memiliki properti khusus yang membuatnya sedikit berbeda dari permukaan dinding dan langit-langit lain. Ubin ini mungkin tidak bisa dicuci karena residu cat atau sabun akan mengisi pori-pori kecil dan celah-celah. Berbagai faktor ini bervariasi tergantung dari produsennya.

Tidak semua ubin akustik berkinerja baik. Pengukuran NRC dan CAC membantu pembeli mengidentifikasi kekuatan dan efisiensi ubin tertentu.NRC adalah singkatan dari "Koefisien Noise Reduction", dan mengacu pada cara memperlakukan suara ubin yang mengenai permukaannya. Sedangkan CAC adalah singkatan dari "Ceiling Attenuation Class", yang mengacu pada jumlah suara yang diperbolehkan untuk melewati ubin. Sebuah ubin dengan rating NRC dari 80% dan rating CAC 40 akan dianggap sangat efektif.

Meskipun ubin akustik perlu diperlakukan berbeda daripada dinding biasa, namun bisa menjadi solusi sempurna untuk situasi di tempat yang  ada rmasalah dengan kebisingan. Dengan pemasangan dan perawatan yang tepat, investasi dalam ubin akustik seharusnya menjadi kepuasan tersendiri yang bisa dirasakan oleh para penggunanya selama bertahun-tahun.

Blog Archive

Total Pageviews

Copyright © Sarana Bangunan. All rights reserved. Template by CB. Theme Framework: Responsive Design