Informasi Bahan Bangunan

Mengenal Hammer Mill dan Kegunaannya

Hammer mill adalah sebuah mesin yang digunakan untuk memecahkan atau menghancurkan bahan menjadi potongan-potongan kecil. Desain dasar dari mesin jenis ini melibatkan poros berputar yang dipasangi palu yang bisa berayun bebas.Mesin ini dikelilingi oleh sebuah drum berisi bahan yang akan dihancurkan. Sebuah alat khusus bertugas memasukkan bahan ke dalam drum. Palu secara bertahap memecah bahan sampai cukup kecil untuk melewati ayakan dengan lubang-lubang yang dibuat sesuai dengan ukuran partikel yang diinginkan.

Hammer mill banyak digunakan untuk keperluan industri, penelitian, aplikasi pertanian dan perumahan. Hammer mill ada yang dibuat dengan ukuran yang cukup kecil agar bisa diletakkan di atas meja dan bisa dioperasikan di rumah, atau dengan ukuran cukup besar  yang bisa menghancurkan seluruh badan mobil. Beberapa hammer mill besar biasanya menggunakan mesin diesel besar dengan 2.000 tenaga kuda atau lebih. Sumbu poros berputar dari hammer mill bisa dibuat dalam posisi horisontal atau vertikal, meskipun konfigurasi horisontal lebih umum digunakan.

Para petani kadang-kadang menggunakan hammer mill untuk menghancurkan biji-bijian untuk pakan ternak. Mesin ini memiliki keuntungan mampu memproses berbagai jenis bahan serta memproduksi partikel dengan berbagai ukuran dengan hanya merubah ukuran lubang ayakan. Hammer mill jenis ini bisa beroperasi dengan kecepatan sekitar 1.800 rpm dengan ujung palu bergerak pada 60 mph (90 kph) atau lebih. Partikel-partikel yang diproduksi dengan cara ini akan sangat seragam dan cenderung memiliki bentuk bulat.

Dalam bidang industri,hammer mill antara lain digunakan dalam berbagai jenis operasi daur ulang, termasuk memproduksi bubur untuk membuat kertas, memproduksi biofuel dan menghancurkan batu. Penggunaan lainnya diantaranya adalah untuk menggiling biji-bijian untuk memproduksi ethanol atau penghancuran buah dalam produksi jus. Tempat penggergajian biasanya juga menggunakan hammer mill untuk menggiling  potongan-potongan kayu yang sudah tidak terpakai menjadi mulsa atau bahan untuk pembuatan bahan bakar pelet kayu.

Operasi daur ulang logam juga biasanya menggunakan hammer mill untuk menggiling besi menjadi potongan-potongan kecil untuk pemisahan dan pengolahan. Hammer mill mampu menggiling seluruh badan mobil dalam waktu singkat, dan menghancurkannya menjadi potongan-potongan berukuran kecil, dan bisa memproses berton-ton besi tua setiap hari. Jenis lain dari hammer mill digunakan untuk  mendaur ulang aspal, komponen elektronik atau ban bekas.

Hammer mill kecil kadang-kadang digunakan di laboratorium untuk menggiling bahan-bahan untuk mengembangkan media atau percobaan. Hammer mill kecil lainnya bisa digunakan untuk menggiling makanan atau rempah-rempah, limbah makanan juga biasanya diproses dengan mesin ini.

Blog Archive

Total Pageviews

Copyright © Sarana Bangunan. All rights reserved. Template by CB. Theme Framework: Responsive Design