Informasi Bahan Bangunan

Memanfaatkan Loteng Sebagai Ruangan Layak Huni

Loteng merupakan ruangan indoor di bawah atap di atas rumah. Ada dua jenis loteng yaitu loteng yang sudah difinishing dan belum difinishing. Loteng yang belum difinishing biasanya dimanfaatkan untuk ruang penyimpanan, sedangkan loteng yang sudah difinishing bisa dimanfaatkan sebagai ruang layak huni seperti kamar tidur utama.

Loteng yang belum difinishing yang bisa digunakan untuk membuat ruang tamu disebut loteng ekspansi. Hal ini akan memperluas ukuran luas ruang layak huni di rumah dan biasanya sangat diinginkan oleh pemilik rumah. Namun, biaya yang diperlukan bisa menjadi mahal seperti penggunaan ventilasi air dan panas yang diperlukan serta penggunaan lantai yang tepat. Ketinggian langit-langit juga harus dipertimbangkan, dan pada umumnya atap harus ditinggikan sehingga akan menjadi proyek renovasi yang lebih besar. Dinding dan jendela juga diperlukan di loteng yang merupakan kebutuhan terbanyak.

Loteng yang telah difinishing bisa menyediakan ruang tambahan yang besar jika renovasi dilakukan dengan biaya yang cukup. Misalnya, Ruang bisa berubah menjadi sebuah kamar tidur khusus. Jika memungkinkan,kamar mandi bisa ditambahkan di samping kamar tidur yang berada di loteng. Namun, jika tidak digunakan sebagai ruang layak huni, loteng bisadigunakan sebagai tempat penyimpanan yang baik untuk menyimpan barang yang jarang digunakan atau barang musiman. Lemari, tempat penyimpanan lainnya yang mudah dibongkar pasang bisa diletakkan di bawah atap yang miring atau di tempat lain.

Masalah akan terjadi di loteng ketika panas atau kelembaban terakumulasi. Udara naik ke atas, jadi jika panas dan kelembaban di udara tidak bisa keluar melalui udara dan ventilasi panas yang tepat.Hal ini bisa menyebabkan kerusakan insulasi. Loteng yang berventilasi dan terinsulasi dengan baik dan benar akan berfungsi dengan baik dan lebih efisien untuk menjaga ruangan menjadi hangat di musim dingin dan sejuk di musim panas.

Di loteng yang belum difinishing,menempatkan insulasi di lantai sering dianggap sebagai langkah terbaik. Tidak peduli apakah ruang telah difinishing atau belum, namun insulasi ini harus cukup tebal aga berfungsi dengan baik. Sebelum insulasi terinstal, umumnya para ahli merekomendasikan bahwa setiap kebocoran udara dari loteng dengan ke seluruh rumah segera ditambal karena insulasi yang tidak memadai akan menghalangi aliran udara.

Blog Archive

Total Pageviews

Copyright © Sarana Bangunan. All rights reserved. Template by CB. Theme Framework: Responsive Design