Informasi Bahan Bangunan

Macam-Macam Pipa dan Kegunaannya

Ada dua kategori utama dari produk pipa yang bisa digunakan untuk saluran air yaitu pipa plastik dan pipa logam. Pipa plastik antara lain Polivinil Klorida (PVC), klorin Polivinil diklorinasi (CPVC), pipa PEX dan PolyPipe.Sedangkan yang termasuk pipa logam diantaranya adalah  pipa tembaga,pipa stainless steel dan pipa baja galvanis. Tidak semua jenis pipa bisa berguna atau efektif ketika digunakan untuk tujuan tertentu, karena setiap jenis pipa ini digunakan untuk tujuan yang berbeda-beda.

Pipa PVC adalah jenis pipa plastik terutama digunakan sebagai saluran air bertekanan tinggi. Tersedia dalam beberapa ukuran standar, mulai dari diameter ½ inci sampai 4 inci. Pipa PVC hanya dibuat untuk menangani air dingin, dan jika digunakan untuk air panas akan menyebabkan pipa menjadi pecah. Pipa jenis ini umumnya berwarna putih, meskipun beberapa jenis ada yang berwarna abu-abu.

CPVC adalah pipa PVC yang telah mendapat klorinasi tambahan. Tersedia dalam warna kuning yang khas, dan bisa digunakan untuk air panas maupun dingin. CPVC lebih fleksibel dengan dinding-dinding yang secara substansial lebih tipis daripada pipa PVC.Pipa ini memiliki diameter luar yang sama seperti pipa tembaga sehingga bisa meningkatkan jangkauan penggunaan.

Pipa PEX pertama kali diproduksi tahun 1920-an, tetapi baru menjadi lebih populer dalam beberapa tahun terakhir. Pipa ini memiliki diameter luar yang sama seperti pipa tembaga, dan bisa digunakan untuk air panas dan dingin. Salah satu kelebihan dari pipa PEX adalah memiliki ketahanan panas yang lebih tinggi daripada berbagai jenis pipa lainnya, dan sering digunakan dalam sistem pemanas air. Pipa ini tersedia dengan warna putih,krem,merah dan biru.Masing-masing warna tersebut berfungsi untuk menandakan penggunaannya yaitu sebagai pipa air panas atau pipa air dingin.

Jenis lainnya dari pipa plastik adalah PolyPipe, merupakan pipa hitam tebal yang digunakan untuk mengalirkan air bertekanan tinggi dari rumah atau ke dalam rumah. Ini digunakan hampir secara eksklusif di luar ruangan dan biasanya dikubur bawah tanah untuk mencegah pembekuan. PolyPipe sangat kaku, dan jarang digunakan untuk keperluan lain.

Pipa tembaga adalah jenis yang paling umum dari pipa logam yang biasa digunakan di rumah-rumah, meskipun harganya lebih mahal daripada pipa plastik.Kelebihan pipa tembaga antara lain tahan terhadap korosi, dan bisa menahan suhu tinggi. Pipa tembaga tersedia dalam tiga ukuran yang berbeda yaitu M, L, dan K. Type M memiliki dinding yang sangat tipis, sementara jenis L dengan ketebalan sedang, dan tipe K adalah yang paling tebal dari ketiganya.

Stainless steel pipa jarang digunakan dibandingkan dengan jenis pipa logam lainnya karena harganya lebih mahal dan sulit ditemukan.pipa ini terutama digunakan di lingkungan laut karena bisa menahan air garam, yang akan mengikis pipa logam lainnya. Harga yang mahal membuat jenis pipa kurang diminati untuk digunakan di rumah-rumah atau sebagai aplikasi lain.

Pipa Galvanis telah digunakan di rumah selama bertahun-tahun dan biasanya digunakan sebagai saluran air rumah. Lapisan galvanis berwarna abu-abu kusam dan berfungsi untuk mencegah karat. Penggunaan pipa ini menjadi agak berkurang karena digantikan oleh pipa PEX yang harganya tidak begitu mahal tapi tetap tahan lama. Pipa Galvanis biasanya tersedia dengan diameter antara ½ inci sampai 2 inci .

Blog Archive

Total Pageviews

Copyright © Sarana Bangunan. All rights reserved. Template by CB. Theme Framework: Responsive Design