Informasi Bahan Bangunan

Pentingnya Penggunaan Kusen untuk Jendela

Kusen adalah bagian dari dukungan struktural jendela. Kusen terletak didalam dinding dan membingkai jendela di sepanjang bagian atas dan samping jendela.Pada jendela yang terbuka, kusen bisa menggunakan rel untuk memanipulasi jendela, dilengkapi dengan perangkat seperti kait yang digunakan untuk mengunci jendela saat jendela ditutup. Struktur pendukung serupa di sekitar pintu juga dikenal sebagai kusen, dan yang lebih umum adalah jenis dukungan vertikal di sekitar pintu.

Secara teknis, kusen jendela dikenal sebagai kusen samping ketika terletak disepanjang samping jendela, dan sebagai kusen atas ketika terletak di bagian atas jendela. Kusen tidak selalu diperlukan, tetapi secara umum banyak digunakan pada pemasangan jendela. Sejumlah perusahaan yang memproduksi jendela juga membuat  pencocokan dan pengukuran kusen yang bisa digunakan untuk membantu produk mereka lebih pas Kusen bisa menjadi titik lemah di jendela jika tidak dipasang dengan benar, yaitu bisa menimbulkan kebocoran atau masalah keamanan.

Bahan yang digunakan untuk membuat kusen jendela bisa bervariasi,antara lain kayu, plastik, vinyl, atau besi. Kusen jendela bisa dicat untuk mencocokkan trim pada struktur, atau bisa juga tanpa finishing tergantung bahan dan estetika struktur. Ketika jendela mulai bergerak tidak merata atau kesenjangan muncul di sekitar jendela, mengganti kusen jendela kadang-kadang bisa menyelesaikan masalah.Dengan demikian bisa lebih menghemat biaya daripada harus membongkar dan mengganti seluruh jendela.

Tukang bangunan biasanya bisa menentukan apakah kusen jendela perlu diganti atau tidak,sehingga pekerjaan bisa dilakukan relatif cepat. Orang yang paham dengan tugas konstruksi dasar juga bisa melakukannya sendiri, mulai dari pencocokan jendela baru agar masuk ke dalam sebuah lubang yang ada untuk menggantikan kusen lama yang sudah mulai melengkung atau keropos sehingga jendela asli tetap bisa terpasang. Hal ini penting untuk menghemat waktu ketika bekerja dengan kusen jendela, karena kegagalan untuk membuat kusen  pas dan sesuai dengan jendela bisa menimbulkan masalah.Masalah-masalah tersebut misalnya  jendela yang kelebaran sehingga tidak bisa dibuka atau jendela yang terlalu longgar sehingga bisa menyebabkan kebocoran dan terlihat kurang nyaman dipandang mata.

Orang yang memeriksa struktur dan berpikir tentang pembelian juga harus meluangkan waktu untuk memeriksa kusen jendela. Jika jendela bocor, tiang temboknya akan memperlihatkan tanda-tanda dalam bentuk noda dan keropos. Selain menunjukkan bahwa tiang temboknya perlu diganti, keropos dan noda di sekitar kusen jendela bisa menjadi tanda bahwa mungkin ada kerusakan lainnya yang tidak terlihat, seperti keropos akibat air merembes ke dalam kerangka struktural.

Blog Archive

Total Pageviews

Copyright © Sarana Bangunan. All rights reserved. Template by CB. Theme Framework: Responsive Design