Informasi Bahan Bangunan

Mengenal Profesi Penata Landskap

Penata Lanskap adalah profesi yang melibatkan manipulasi lingkungan alam di suatu daerah untuk membuatnya terlihat dengan cara tertentu. Profesi ini sering sangat bergantung pada taman, tetapi lanskap juga melibatkan instalasi dinding dan fitur lainnya, konstruksi bangunan dan pertimbangan daerah secara keseluruhan. Ada berbagai alasan untuk berlatih lanskap, misalnya keinginan untuk membuat suatu wilayah agar terlihat menarik dan mendorong untuk membuat area fungsional untuk rekreasi.

Orang telah berlatih lanskap selama ribuan tahun, taman-taman dari budaya kuno yang  terdapat di setiap benua yang dihuni adalah bukti yang nyata . Lansekap sering digunakan untuk mempercantik daerah sekitar candi, istana, dan tempat-tempat umum, tapi juga digunakan di dalam dan di sekitar rumah-rumah pribadi. Orang Roma, misalnya, memiliki rumah dengan halaman lanskap tertutup dan hanya dinikmati oleh anggota-anggota keluarga, sedangkan bangsa Maya menghiasi jalan setapak ke kuil-kuil mereka dengan penanaman rumit. Lansekap bisa juga memiliki fungsi praktis, sebagaimana dibuktikan oleh teras taman yang dibangun oleh beberapa suku pribumi Amerika untuk budidaya tanaman.

Biasanya, lansekap terbatas pada area yang ditetapkan, seperti properti sekitar rumah, gedung perkantoran, museum, atau struktur serupa. Biasanya penata taman memulai proyek dengan membuat sketsa bangunan dan konteksnya, melihat bagaimana lingkungan alam terlihat, dan mempelajari keterbatasan seperti bangunan tetangga, kualitas tanah yang buruk, dan sebagainya. Setelah penata taman memiliki peta ini,barulah penata taman tersebut dapat mulai berpikir tentang desain.

Penataan lansekap sering dimulai dengan meletakkan jalur, dan membangun dari sana untuk menciptakan lingkungan yang subur yang dapat mencakup air mancur, kolam, bangku, gazebo, dinding penahan batu, dan fitur lainnya. Setelah dasar dasar telah diletakkan, penata taman dapat mulai menambahkan semak, pohon, tanaman, dan sebagainya untuk menciptakan tampilan yang diinginkan. Landskap mungkin juga bertema, seperti pada sebuah taman tradisional Inggris, taman tanaman asli, atau taman air rendah.

Profesi ini juga merupakan bentuk seni, dan dibutuhkan mata yang baik untuk menghargai fitur yang ada lingkungan alam dan berpikir tentang cara manipulasi terbaik mereka. Sebaiknya lansekap mengalir selaras dengan lingkungan alam, bukan melawannya. Lansekap juga membutuhkan perawatan yang luas untuk memastikan bahwa lanskap terus terlihat baik meskipun telah digunakan selama bertahun-tahun. Setelah daerah tersebut telah menjadi taman, mungkin akan diserahkan kepada tukang kebun atau kru pemeliharaan yang bisa menjaga aspek individual dari lansekap dalam kondisi yang baik, sedangkan penata taman mengerjakan proyek lain.

Blog Archive

Total Pageviews

Copyright © Sarana Bangunan. All rights reserved. Template by CB. Theme Framework: Responsive Design