Informasi Bahan Bangunan

Macam-Macam Ukuran Batu Kerikil

Ukuran kerikil dapat bervariasi  dari diameter 1/8 inci (32 cm), hingga diameter 4 inci (10.16 cm). Meskipun berbagai jenis kerikil ini mungkin berbeda, mereka semua melayani fungsi penting. Ukuran kerikil  #10 biasanya dianggap menjadi yang terkecil dari semua ukuran kerikil, dan umumnya digunakan sebagai basis di paving. Sebaliknya, ukuran kerikil #57 digunakan dalam penciptaan dinding penahan. Ukuran kerikil #1 adalah yang terbesar dari semua ukuran kerikil, dan digunakan terutama sebagai suatu bentuk dekorasi di halaman dan taman.

Ukuran yang terkecil dari semua ukuran kerikil adalah ukuran #10, yang juga dikenal sebagai kerikil yang disaring atau diayak. Kerikil ini biasanya berdiameter sekitar 1/8 inci (32 cm), membuatnya mirip penampakan pasir kasar. Sering kali, kerikil ayak digunakan sebagai dasar untuk batu bata, batu paving dan barang-barang serupa lainnya.Pada umumnya, itu juga dapat dimasukkan ke dalam celah-celah yang terbentuk ketika ada batu besar yang ditumpuk sehingga bisa membantu mencegah slip. Ukuran kerikil #10 dapat dibuat dari berbagai batu-batu yang lebih besar, tetapi yang paling sering dibuat dari ampas atau kapur.

Ukuran #57 adalah salah satu ukuran kerikil yang lebih populer. Ukuran kerikil ini memiliki diameter berkisar antara 3/4 inci (1.9 cm)  dan 1 inci (6,4516 cm) . Kerikil ini sering digunakan untuk paving untuk pejalan kaki atau jalan masuk, hal itu dapat berjalan dan didorong dengan relatif mudah. Selain itu, kerikil ukuran #57 biasanya dicampur dengan ukuran #10 untuk digunakan sebagai dasar untuk dinding penahan, batu bata, dan paving jenis lain  seperti untuk mengisi lubang besar.Meskipun ukuran #57 jelas melayani berbagai tujuan, itu biasanya adalah dihindari untuk digunakan di daerah yang rentan terhadap lumpur.

Berbeda dengan ukuran kerikil #10 dan #57, kerikil yang dikenal sebagai ukuran #1 relatif besar. Biasanya, kerikil ini berkisar diameter dari 2,5 inci (6.35 sentimeter) sampai 4 inci (10.16 sentimeter). Ukuran kerikil  #1 dapat menjadi sulit untuk dikerjakan, karena umumnya tidak bisa disekop dan sebaliknya harus dipindahkan oleh orang satu demi satu. Seperti kerikil jenis lain yang sangat besar, ukuran #1 terutama digunakan sebagai hiasan, dan dapat ditemukan di halaman, kebun, atau bahkan taman. Jenis batu ini juga biasanya tersedia di kerikil sungai, terak atau kapur, meskipun bahan lainnya mungkin tersedia.

Blog Archive

Total Pageviews

Copyright © Sarana Bangunan. All rights reserved. Template by CB. Theme Framework: Responsive Design