Informasi Bahan Bangunan

Cara Terbaik Untuk Mencegah Karat

Karat tidak hanya tidak sedap dipandang mata,tapi bisa menyebabkan kerusakan parah dan kadang-kadang tidak bisa diperbaiki.Pipa, peralatan rumah tangga dan benda logam lainnya sewaktu-waktu bisa terkena karat.Ini dibentuk dari kombinasi logam dan oksigen yang menghasilkan besi oksida. Karat paling mungkin untuk terbentuk di daerah lembab seperti tepi pantai, karena oksigen di dalam udara yang tergabung dengan kondensasi yang terbentuk pada benda logam. Meskipun  karat dalam beberapa kasus karat bisa dihilangkan,tapi ini bisa menjadi mahal dan memakan waktu. Lebih baik untuk mempelajari teknik perlindungan karat seperti proteksi katodik, bluing, pengecatan, dan kontrol kelembaban untuk mencegah korosi.

Proteksi katodik adalah teknik perlindungan karat yang digunakan untuk mencegah dari pembentukan karat pada objek yang terkubur atau sepenuhnya terendam dalam air. Metode pencegahan karat ini melibatkan arus listrik yang mengalir melalui objek untuk mengganggu reaksi kimia yang mengakibatkan pembentukannya. Disarankan bahwa sistem ini diinstal oleh seoarang ahli.

Bluing adalah metode perlindungan karat yang sangat efektif. Ini paling sering digunakan untuk mencegah karat pada item baja kecil seperti senjata api dan peralatan rumah tangga.Bluing panas dan dingin adalah metode yang efektif dalam pencegahan karat, tetapi hanya metode dingin yang bisa dilakukan oleh para pemula. Bluing dilakukan dengan menghapus semua minyak dari objek, memoles, dan kemudian menerapkan produk bluing. Bluing memblok logam dengan kelembaban yang mencegah korosi.

Pengecatan adalah metode lain yang bisa digunakan untuk mendapatkan perlindungan karat yang terbaik. Cat menyediakan penghalang fisik antara logam dan kelembaban sehingga  mencegah pembentukan karat.Meskipun efektif, metode ini membutuhkan perawatan rutin. Segera setelah cat mulai mengelupas, kelembaban menumpuk dan mulai mengembangkan besi oksida. Ini bisa dicegah dengan memeriksa cat secara teratur dan mengecat ulang apabila diperlukan.

Kontrol kelembaban adalah teknik pencegahan karat yang populer digunakan untuk fasilitas penyimpanan.Yaitu di oko-toko otomotif dan daerah-daerah lain di mana alat atau kendaraan bisa disimpan. Metode ini melibatkan penggunaan dehumidifier untuk menghilangkan kelembaban dari udara yang bisa memicu pembentukan karat. Mengendalikan kelembaban bisa menjadi mahal tapi sangat efektif terutama ketika melindungi peralatan berharga dan mesin dari efek yang bisa menimbulkan korosif dan karat.

Selain metode ini, dianjurkan bahwa Anda mengambil metode pencegahan dasar untuk mencegah karat. Simpan peralatan dalam toolbox atau tempat penyimpanan yang serupa. Mencuci dan mengeringkan peralatan perak segera setelah digunakan untuk mencegah penumpukan makanan yang bisa mengakibatkan pembersihan yang keras. Menyimpan kendaraan di garasi, terutama ketika tinggal di dekat pantai atau lingkungan lembab lainnya.

Blog Archive

Total Pageviews

Copyright © Sarana Bangunan. All rights reserved. Template by CB. Theme Framework: Responsive Design