Informasi Bahan Bangunan

Mengenal Cat Flat atau Cat Matte

Cat flat atau bisa disebut juga sebagai cat matte adalah cat yang mengering dengan finishing reflektif yang diminimalkan.Dengan menggunakan jenis cat ini tentu saja memiliki kelebihan dan kekurangan yang harus dipertimbangkan ketika memilih dan membeli produk ini. Pilihannya antara lain satin, kulit telur, semi-gloss, dan cat gloss.Masing-masing memiliki berbagai tingkat reflektifitas dengan cat gloss yang paling reflektif.

Salah satu keuntungan menggunakan cat matte adalah bahwa cat ini mudah melekat pada permukaan yang kasar. Namun kekurangannya adalah, karena kotoran dan noda juga mudah menempel maka cat ini jauh lebih sulit untuk dibersihkan daripada cat mengkilap.Oleh karena itu,cat ini sebaiknya digunakan pada lokasi yang tidak mudah terkena noda seperti plafon atau langit-langit.Sedangkan untuk lokasi dengan lalu lintas tinggi seperti dapur yang akan menyerap minyak, debu, dan kotoran tidak dianjurkan untuk menggunakan jenis cat ini.

Cat mengkilap cenderung akan memperjelas setiap lubang dan retak di permukaan dan akan membuat dinding terlihat jauh lebih buruk daripada yang sebenarnya.Sedangkan cat matte cenderung bisa meminimalkan permukaan yang kasar,itu karena cat ini tidak memantulkan cahaya dari setiap sudut,setiap divot dan muncul di dinding yang mendasarinya.Dengan demikian, salah satunya bisa digunakan ketika orang melukis di atas dinding bertekstur dengan tujuan meminimalkan penampilan tekstur.

Selain digunakan di rumah-rumah cat matte terkadang digunakan juga untuk mengecat mobil, meskipun sangat penting untuk bisa membedakan antara pekerjaan cat jenis ini dan primer. Primer Auto biasanya sama seperti cat primer lainnya,yaitu memiliki sifat matte karena dirancang untuk menutupi kendaraan dan memberikan permukaan kasar untuk menyesuaikan lapisan cat lainnya. Cat Glossy tidak bekerja sebagai primer karena lapisan cat berikutnya akan meluncur turun.

Toko yang mencampur atau mengoplos cat bisa menawarkan konsumen pilihan antara beberapa finishing cat dari flat sampai dengan glossy.Jika Anda tidak yakin tentang pemilihan warna cat maka Anda bisa meminta rekomendasi dan menjelaskan di mana cat akan digunakan serta tampilan dan nuansa finishing seperti yang Anda inginkan. Staf di toko cat biasanya bisa merekomendasikan finishing bersama dengan warna cat itu sendiri.

Blog Archive

Total Pageviews

Copyright © Sarana Bangunan. All rights reserved. Template by CB. Theme Framework: Responsive Design