Informasi Bahan Bangunan

Keuntungan Menggunakan Cat Lateks

Cat lateks terbuat dari bahan dasar yang larut dalam air, memiliki keunggulan fleksibel dan mudah dibersihkan.Cat ini bisa diencerkan dengan air,bisa digunakan baik interior dan eksterior.bisa digunakan baik interior dan eksterior.Cat lateks tersedia dalam berbagai warna,kualitas, dan finish yang berbeda-beda. Kualitas produk sangat mempengaruhi biaya atau harga sedangkan finish mengacu pada jumlah kilap setelah cat kering.

Cat lateks tidak beracun dan memiliki bau yang tidak menyengat,lebih ramah lingkungan dan tidak dianggap berbahaya serta bisa dibuang bersama limbah biasa.Bau dari cat berbasis lateks akan menghilang dengan cepat setelah cat  kering.Selain tidak beracun cat lateks juga tidak mudah terbakar.

Cat berbasis minyak,pelarut yang diperlukan untuk mengencerkannya sangat mudah terbakar.Cat berbasis minyak ketika digunakan di dalam ruangan,uap dan baunya bisa bertahan selama beberapa minggu.Pelarut dan cat berbasis minyak itu sendiri, dianggap limbah beracun dan tidak boleh dibuang sembarangan. Cat berbahan dasar minyak tidak boleh dibuang di tempat sampah biasa atau dituangkan ke saluran pembuangan.

Secara umum, cat lateks cenderung memiliki gloss atau kilap yang lebih baik dan lebih mudah untuk menempel daripada cat berbasis minyak. Namun, semakin tinggi gloss finishing,maka semakin banyak ketidaksempurnaan yang akan terlihat.Finishing dengan gloss tinggi juga cenderung lebih sulit untuk menempel daripada finishing yang kurang mengkilap.

Kemajuan teknologi dalam pembuatan cat berbasis lateks membuat warna cat ini tidak mudah memudar pada eksterior,tidak mudah menguning pada interior, dan tidak mudah retak atau mengelupas. Keuntungan lain dari cat ini adalah waktu pengeringan yang lebih cepat. Jika diperlukan lapisan kedua, biasanya Anda tidak perlu menunggu lebih dari satu jam setelah lapisan pertama.

Peralatan mengecat atau tumpahan cat bisa dibersihkan hanya dengan air sabun.Meskipun cat lateks mudah untuk dibersihkan,namun sebaiknya peralatan dan tumpahan cat segera dibersihkan setelah pekerjaan selesai. Semakin lama cat memiliki kesempatan untuk kering maka akan semakin sulit untuk dibersihkan.Ini membantu untuk mengikis atau merontokkan cat sebanyak mungkin dari peralatan pertama,Selanjutnya peralatan harus dicuci dengan air sabun hangat, dibilas dan dikeringkan sebelum disimpan.

Blog Archive

Total Pageviews

Copyright © Sarana Bangunan. All rights reserved. Template by CB. Theme Framework: Responsive Design