Informasi Bahan Bangunan

Cara Terbaik untuk Mengecat Tembok

Pengecatan tembok atau dinding plester biasanya memerlukankan sedikit persiapan tergantung jenis permukaan tembok atau dinding plester tersebut.Bagi Anda yang akan melakukannya sendiri,maka Anda harus mampu mengerjakannya dengan sedikit atau tidak ada masalah besar yang bisa menjadi kendala. Beberapa perbaikan biasanya diperlukan sebelum mengecat tembok, tergantung pada kondisi dinding. Setelah ini dilakukan,biasanya tukang bangunan akan mengamplas dan membersihkan dinding.

Perbaikan celah dan lubang merupakan langkah pertama sebelum melakukan pengecatan.Retak rambut atau garis kecil bisa diisi dengan beberapa lapisan cat,retak kecil dan lubang biasanya diperbaiki dengan cara sederhana dan cukup diisi dengan kompon.sedangkan retak dan lubang yang lebih besar akan membutuhkan perhatian lebih.

Noda yang lebih besar umumnya memerlukan perhatian lebih,setiap bagian plester yang longgar dan berlubang perlu dibuang dengan menggunakan skrap.Masukkan adonan plester atau kompon ke dalam lubang tepat di bawah permukaan plester asli.Setelah lapisan pertama benar-benar kering, lapisan kedua bisa diterapkan. Lapisan atas ini harus tergores halus dengan skrap dempul lebar dan menjadi rata dengan dinding. Untuk menyelesaikan perbaikan, tepi tambalan harus melampaui tepi lubang. Setiap perbaikan harus dibiarkan kering sepenuhnya, karena plester baru yang masih basah tidak akan tahan terhadap cat.

Sebelum mengecat dinding plester,dinding perlu diampelas beberapa kali sampai halus terutama jika ada perbaikan. Tepi perbaikan juga harus diamplas sampai agak halus.Plester halus cukup diampelas menggunakan amplas halus agar cat bisa menempel.Sedangkan dinding plester kasar seperti plester bertekstur  harus diampelas kasar terlebih dahulu,kemudian dilanjutkan dengan amplas halus.

Dinding plester yang mengandung lebih banyak uap air cenderung menarik debu lebih banyak dari udara, dan biasanya menyebabkan dinding terlihat lebih kotor daripada sebagian besar dinding lainnya.Membersihkan dinding dianggap menjadi langkah penting sebelum mengecat dinding plester.Hal ini berguna untuk menghilangkan debu yang bisa meninggalkan kesan kotor dan berpasir di cat baru.

Untuk membersihkan dinding,Anda bisa menggunakan sikat berbulu lembut untuk menghilangkan partikel halus. Setelah itu, dinding bisa dibersihkan dengan kain basah. Jika ada noda di dinding, beberapa ahli menyarankan untuk menggunakan solusi ringan trisodium fosfat yang bisa dibeli di toko-toko bahan bangunan. Sebelum pemberian cat dasar atau cat dinding plester,aplikasi tersebut harus dibiarkan sampai benar-benar kering.

Blog Archive

Total Pageviews

Copyright © Sarana Bangunan. All rights reserved. Template by CB. Theme Framework: Responsive Design