Informasi Bahan Bangunan

Apakah Bahan Pembersih Amonia Aman

Amonia ( amonium hidroksida ) biasanya digunakan sebagai bahan pembersih dalam rumah tangga seperti kaca,semprotan desinfektan aerosol  dan larutan pembersih untuk perhiasan .Pada saat zat ini mengenai udara terbuka , akan berubah menjadi gas dengan bau tajam. Pada umumnya pembersih rumah tangga mengandung 5 % sampai 10 % konsentrasi zatnya, yang biasanya tidak akan menimbulkankan sakit pada orang dewasa ,namun dapat menyebabkan iritasi mata , hidung, mulut , dan paru-paru pada orang yang sensitif atau jika tidak digunakan sebagaimana mestinya .Terlepas dari itu semua,dengan menerapkan langkah-langkah pencegahan dasar seperti ventilasi ruang yang baik selama penggunaan dan mengenakan sarung tangan karet , cairan murah ini bisa menjadi bahan pembersih yang aman dan efektif .

Seperti halnya dengan bahan kimia lain yang digunakan untuk membersihkan segala sesuatu di dalam rumah , amonia cukup beresiko dan membahayakan orang atau hewan peliharaan . Sebelum Anda mulai membersihkan sesuatu Anda harus membuka jendela atau ventilasi udara  dan hidupkan kipas.Hewan peliharaan dan anak-anak tidak boleh berada disekitar tempat tersebut karena amonia yang digunakan cenderung  lebih beresiko terhadap hewan peliharaan dan anak-anak daripada orang dewasa .

Amonia tidak boleh dicampur dengan sabun atau pembersih rumah tangga umum lainnya karena dikhawatirkan bahwa sabun dan bahan pembersih lain tersebut mengandung pemutih klorin . Pada saat dua senyawa bertabrakan,hal ini akan menimbulkan reaksi kimia serta akan melepaskan gas beracun ke udara.Jika gas-gas ini sampai terhirup maka bisa menyebabkan iritasi hidung , pembengkakan tenggorokan dan paru-paru atau penumpukan cairandi paru-paru . Terkadang ada beberapa orang yang merasakan nyeri dada ,mengalami batuk-batuk, mata berair , dan mual pada saat menarik nafas.Jika ada orang yang terkena gas klorin yang parah sebaiknya segera hubungi dokter untuk melakukan pemeriksaan medis .

Beberapa peralatan yang bisa dibersihkan dengan amonia antara lain adalah permukaan stainless steel,jendela kaca,perlengkapan porselen dan sebagian besar jenis counter dapur .Anda bisa membuat larutan pembersih dengan mencampur sekitar satu bagian amonia dengan dua bagian air lalu dimasukkan ke botol semprot .Campuran ini bisa digunakan dengan cara yang sama seperti ketika membersihkan jendela atau permukaan yang kotor. Semprotan ini sangat baik untuk membuat permukaan mengkilap dan tidak akan menimbulkan goresan .

Pembersih ini juga bisa digunakan di kamar mandi , karena bisa menghilangkan penumpukan buih sabun  dan noda air keras dari sink porselen , bak , dan ubin dinding .Anda bisa menggunakannya untuk membersihkan sabun dan noda-noda air di cermin dan kaca pintu kamar mandi dan mengembalikan perlengkapan logam kusam agar mengkilap lagi .Namun yang perlu Anda perhatikan adalah bahwa amonia bisa merusak lantai tanpa lilin , ubin khusus , dan kain seperti jok dan karpet .Akan tetapi terkadang ada beberapa orang masih merekomendasikan untuk menghilangkan noda dari sofa atau karpet.

Karena amonia bereaksi dengan pemutih maka bahan ini tidak boleh digunakan pada setiap permukaan yang mungkin juga bisa dibersihkan dengan pemutih di beberapa titik dalam waktu berdekatan . Bahkan ketika zat-zat tersebut tidak tercampur secara langsung,jejak kimia yang ditinggalkan tetap masih beresiko .

Blog Archive

Total Pageviews

Copyright © Sarana Bangunan. All rights reserved. Template by CB. Theme Framework: Responsive Design