Informasi Bahan Bangunan

Alat Pemotong Keramik

Jika Anda seorang pekerja bangunan yang sedang melakukan pekerjaan pemasangan keramik tentunya akan membutuhkan suatu alat yang berfungsi untuk memotong keramik.Untuk jenis pemotongan lurus bisa menggunakan pemotong keramik manual(Tile Cutter),sedangkan untuk jenis pemotongan melengkung atau jenis pemotongan lain yang tidak lurus bisa menggunakan mesin Grenda Keramik.

Alat pemotong keramik manual biasanya hanya cocok untuk digunakan untuk memotong keramik yang bahan dasarnya dari tanah liat yang memiliki lapisan gelas yang tipis.Sedangkan mesin grenda keramik bisa digunakan juga untuk memotong bahan yang lebih padat dan keras seperti porselen,marmer dan granit.Agar bisa memotong bahan yang lebih keras grenda keramik juga harus menggunakan pisau yang berkualitas.

Cara Menggunakan Pemotong Keramik Manual(Tile Cutter )



Berilah tanda pada permukaan yang akan di potong dengan menggunakan pensil. Pakailah penggaris besi agar garis yang dibuat benar-benar lurus. Jika terdapat pemotongan keramik dengan ukuran sama dan jumlahnya cukup banyak maka Anda dapat membuat mal ukur untuk mempercepat proses pengerjaan.

Periksalah peralatan yang akan digunakan dan pastikan semua alat penjepit dan penahan pada peralatan berfungsi dengan baik, pastikan juga bahwa mata pisau keramik masih tajam.Letakkan peralatan pada permukaan yang datar dan kokoh. Atur penempatannya sedemikian rupa agar pekerjaan dapat berlangsung dengan nyaman.

Letakkan keramik diatas alat pemotong tersebut ,lalu atur posisinya agar lurus dengan pegangan mata pisau pemotong.Jika ada ukuran yang sama dalam jumlah banyak, Anda dapat mengunci posisi tersebut agar tidak berubah sehingga bisa mempercepat proses pemotongan.

Lalu aturlah posisi dari penahan batas  keramik,pastikan posisinya sudah pas dan optimal.Letakkan mata pisau pemotong keramik pada pinggir keramik yang posisinya terjauh dari badan kita,selanjutnya tekan dan tarik ke arah bagian pinggir keramik yang posisinya persis didepan kita.Setelah itu gunakan kaki penekan yang terdapat pada alat pemotong tersebut,lalu tekan ke bawah hingga keramik terpotong sepanjang garis yang telah ditentukan.

Menggunakan Mesin Potong Keramik(Grenda Keramik)



Alat pemotong keramik grenda bisa digunakan untuk memotong keramik dengan jenis pemotongan lurus,melengkung dan juga pemotongan yang bentuknya rumit sekalipun.Untuk pemotongan yang melengkung dan pemotongan rumit biasanya menghasilkan sisa-sisa potongan yang bentuknya kecil-kecil.Sisa potongan tersebut sebaiknya jangan langsung dibuang karena siapa tahu masih bisa dimanfaatkan.

Jika kita memotong keramik menggunakan Grenda Keramik biasanya akan mengeluarkan abu atau debu dari keramik yang dipotong.Sehingga ketika sedang memotong keramik sangat disarankan untuk memakai pakaian dan pelindung keselamatan kerja.Peralatan pendukung yang perlu dipersiapkan antara lain sarung tangan, masker penutup hidung  dan obat untuk pertolongan pertama jika terjadi suatu hal yang tidak diinginkan.Jika Anda sedang bekerja dirumah yang sudah ditinggali maka sebaiknya  pemotongan keramik dilakukan diluar rumah saja agar lebih aman.

Blog Archive

Total Pageviews

Copyright © Sarana Bangunan. All rights reserved. Template by CB. Theme Framework: Responsive Design