Informasi Bahan Bangunan

Konsep dan Desain Ruko

Saat ini ruko atau rumah toko mulai banyak dibangun oleh para pengembang dan banyak diminati karena selain bisa digunakan sebagai tempat tinggal tapi juga bisa dimanfaatkan sebagai tempat usaha atau tempat bekerja sekaligus. Sesuai dengan konsepnya,selain sebagai toko,tempat usaha atau tempat bekerja, ruko juga berfungsi sebagai tempat tinggal Anda.

Ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan sebelum Anda mulai merancang desain dan membangun ruko.
Berikut ini beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam hal membuat desain dan membangun ruko  antara lain:

1.Luas ruko yang hendak Anda bangun sebaiknya disesuaikan dengan jenis usaha yang akan Anda jalankan. Untuk membuat Desain ruko, sebaiknya Anda lebih mengutamakan unsur fungsional dari setiap lantai yang hendak Anda bangun. Sedangkan luas dan tipe ruko itu sendiri sebenarnya tidak jauh beda dengan tipe rumah minimalis pada umumnya.

2.Konsep dasar dalam Desain ruko, yaitu dengan memaksimalkan pemanfaatan setiap lantai dan menentukan di bagian mana Anda akan melakukan kegiatan usaha dan dimana Anda akan tinggal bersama dengan keluarga tercinta. Dalam hal ini biasanya lantai satu digunakan sebagai tempat Anda mengelola usaha sedangkan lantai 2 dimanfaatkan untuk tempat tinggal Anda.

3.Hal lain yang tidak kalah penting dan seharusnya menjadi perhatian lebih setiap Anda membuat desain dan membangun sebuah ruko adalah pintu darurat. Sebab selama ini masih ada ruko yang dibuat hanya dengan 1 pintu saja.Ketika terjadi hal yang dadurat misalnya terjadi kebakaran kebakaran,hal ini jelas-jelas sangat beresiko karena bisa menyebabkan Anda terjebak di dalam ruko tersebut.

Setelah Anda paham tentang hal mendasar dalam membuat dan membangun desain ruko,selanjutnya Anda bisa mulai membuat rancangan denah dan desain ruko yang hendak Anda bangun yaitu:

Desain Ruko Lantai 1

Untuk lantai 1, Anda bisa mulai membangun tempat usaha Anda sesuai rancangan dengan luas yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan Anda. Desain ruko umumnya hanya memprioritaskan lantai 1 sebagai tempat usaha Anda.Namun jika diperluan, Anda masih bisa membuat sebuah kamar mandi dan gudang kecil di lantai 1 tersebut. Jika Anda memiliki mobil tapi tidak mempunyai garasi khusus, maka sebaiknya dan sebisa mungkin usaha Anda di lantai 1 tersebut bisa dipindahkan untuk sementara sehingga lantai 1 tersebut juga bisa difungsikan sebagai garasi mobil Anda. Sedangkan jika ruko Anda memiliki ukuran yang lebih luas, biasanya Anda juga bisa menambahkan sebuah dapur di lantai 1 tersebut.

Desain Ruko  Lantai 2

Desain ruko ada yang dibuat hanya hanya 2 lantai tapi sebenarnya ada juga yang dibuat hingga 3 atau 4 lantait tergantung kebutuhan. Untuk ruko 2 lantai yang berukuran agak besar, maka lantai 2 bisa dimanfaatkan sebagai tempat tinggal antara lain digunakan sebagai kamar tidur, kamar mandi,ruang keluarga,dapur dan ruang makan. Akan tetapi jika ruko Anda berukuran lebih kecil maka lantai 2 hanya dapat digunakan sebagai kamar mandi, dapur,ruang keluarga dan ruang makan.Itu artinya Anda harus membangun satu lantai lagi yaitu lantai 3 yang bisa digunakan sebagai tempat tidur.

Desain Ruko Minimalis Lantai 3

Membuat  desain ruko hingga 3 lantai sebenarnya sesuai kebutuhan terutama jika ruko Anda berukuran lebih kecil . Jika lantai 2 hanya bisa difungsikan sebagai kamar mandi, dapur,ruang keluarga dan ruang makan, maka biasanya lantai 3 inilah yang bisa dimanfaatkam sebagai kamar tidur utama dan kamar tidur anak.

Atap Ruko

Baik ruko lantai 2 maupun 3, biasanya atap tidak seluruhnya di tutup genteng.Desain ruko biasanya memanfaatkan atap tersebut sebagai tempat menjemur pakaian. Jika ruko Anda tidak memiliki halaman belakang, maka atap inilah yang digunakan sebagai alternatif tempat jemuran dan juga bisa digunakan sebagai balkon.

Blog Archive

Total Pageviews

Copyright © Sarana Bangunan. All rights reserved. Template by CB. Theme Framework: Responsive Design