Informasi Bahan Bangunan

Merawat Lantai Marmer

Memiliki lantai marmer yang bersih dan terawat tentunya menjadi hal yang menyenangkan.Agar supaya lantai marmer selalu terlihat kinclong maka lantai marmer membutuhkan perawatan khusus.Jika kita memiliki dana khusus untuk perawatan tersebut kita bisa menggunakan jasa perawatan marmer dan granit.Namun,jika Anda tidak memiliki dana khusus untuk perawatan marmer dan granit tersebut,sebenarnya ada cara yang lebih mudah dan murah untuk membuat lantai marmer Anda kembali mengkilap.

Langkah awal yang bisa Anda lakukan yaitu pel lantai marmer menggunakan cairan pembersih lantai yang biasa kita pakai untuk membersihkan lantai keramik. Setelah itu tunggu sampai kering,kemudian oleskan krim yang biasa dipakai untuk memoles bodi mobil ke seluruh permukaan lantai marmer atau granit. Tunggulah beberapa saat sampai krim poles tersebut meresap sempurna.

Setelah krim tersebut meresap sempurna, gosoklah lantai marmer dengan spons yang biasa kita pakai untuk mencuci piring dan gunakan bagian yang berwarna hijau sampai krim yang tadinya menempel benar-benar tak tersisa.Lalu bersihkan bekas krim dengan sapu kemudian lakukan pengepelan lantai seperti biasanya. Jika Anda selalu melakukan hal ini setiap 2 bulan sekali maka dengan sendirinya lantai marmer Anda akan selalu mengkilap seperti lantai marmer baru.

Marmer adalah material batu alam yang sifatnya lunak yang di diperoleh dari proses pembentukan sedimen kapur keras yg membatu. Karena sifatnya lunak biasanya material ini pada waktu pemasangan dilakukan  suatu proses pengerasan yang disebut proses kristalisasi sehingga menghasilan lantai marmer yang keras dan mengkilat.Namun hal ini bersifat sementara sehingga perlu dilakukan proses kristalisasi ulang.Proses kristalisasi biasanya dilakukan dengan 2 cara yaitu proses pemampatan dan proses coating(pemolesan)

Proses pemampatan dilakukan dengan cara menutup pori-pori marmer dengan menggunakan bahan marble powder 47 yang berguna untuk menutup pori-pori marmer hingga menjadi mengkilap.Sedangkan Proses coating memiliki prinsip kerja yang sama.Bahan yang digunakan bisa menggunakan lapisan acrilyc 47 yaitu lapisan film tipis yang bisa  menghasilkan permukaan marmer yang lebih mengkilap lagi.

Kedua cara ini sebenarnya sama-sama efektif hanya saja ada sedikit perbedaan. Untuk cara pemampatan biasanya lebih bertahan lama di bandingkan dengan cara coating akan tetapi proses pengerjaannya membutuhkan waktu yang lebih lama.Sebaliknya cara coating proses pengerjaannya sangat cepat akan tetapi umur kilapnya akan menjadi lebih pendek.

Lantai marmer memerlukan perawatan khusus agar tampak selalu mengkilap dan kinclong tanpa merubah warna aslinya.Untuk itu perlu dilakukan proses kristalisasi lantai dengan poles marmer atau pemolesan dengan menggunakan produk kristalisasi yang dibuat khusus untuk kristalisasi marmer.Produk tersebut bernama Pasta Blanca crystallizing powder dan Terranova crystallizing liquid.Pasta Blanca crystallizing powder digunakan khusus untuk pengerjaan menyeluruh pada saat general cleaning,sedangkan Tarranova crystallizing liquid bisa digunakan untuk perawatan sehari-hari dan dapat dikerjakan dengan mudah.

Lantai marmer sebaiknya dibersihkan dengan cairan pembersih poles marmer yang bersifat netral sehingga tidak merusak permukaan lantai dan warna aslinya bisa bertahan lams.Untuk melakukan ini kita bisa menggunakan produk Marble Klin yaitu pembersih lantai yang diformulasikan secara khusus untuk perawatan sehari-hari lantai marmer. Disamping itu, permukaan lantai marmer harus selalu dijaga agar bebas dari pasir atau debu karena jika pasir atau debu bergesekan dengan alas sepatu bisa mengakibatkan goresan pada permukaan lantai.Untuk mengatasi hal ini kita bisa menggunakan produk poles marmer Conq R Dust yang berguna untuk menarik kotoran atau debu kering secara rutin sehingga kemungkinan terjadinya goresan pada lantai dapat diminimalkan.

Blog Archive

Total Pageviews

Copyright © Sarana Bangunan. All rights reserved. Template by CB. Theme Framework: Responsive Design