Informasi Bahan Bangunan

Pemanas Air Kamar Mandi yang Praktis

Saat udara dingin atau saat musim hujan mandi dengan air hangat tentunya sangat menyenangkan. Dalam hal ini biasanya kita harus memanaskan atau merebus air terlebih dahulu dan menunggu cukup lama hingga air mendidih.Tapi di zaman serba modern dan praktis seperti sekarang ini masalah tersebut bisa diatasi dengan hadirnya suatu alat pemanas air yang disebut water heater.

Water heater dapat menjadi solusi pemanas air yang nyaman dan praktis terutama pada saat musim hujan dan udara sedang dingin-dinginnya.Cukup hanya dengan menyalakan listrik, Anda sudah dapat merasakan kehangatan air dengan takaran kehangatan yang dapat disesuaikan dengan selera Anda.
Water heater bisa menghasilkan air panas karena peralatan ini beroperasi dengan menggunakan konsep thermodynamic.Thermodynamic sendiri adalah penghasil panas dengan memanfaatkan sumber energi untuk mengubah air dingin supaya menjadi panas lalu dialirkan sesuai dengan temperatur yang sudah diatur sebelumnya.

Pada umumnya pemanas air menggunakan tangki dengan ukuran besar dan diletakkan di tempat khusus. Ada juga yang menggunakan tangki air berukuran kecil dan biasanya cukup disimpan di dalam kamar mandi.

Ada beberapa jenis alat pemanas air yang bisa menjadi pilihan untuk dipasang di kamar mandi yaitu Gas Water Heater,Water Heater Listrik dan Water Heater Tenaga Surya. Anda bisa memilih mana yang cocok dan sesuai dengan kebutuhan Anda,apakah water heater gas,listrik atau tenaga surya.

1.Gas Water heater

Gas Water heater adalah pemanas air yang sumber energinya menggunakan gas elpiji. Jika dibandingkan dengan pemanas air yang menggunakan listrik, pemanas ini lebih murah dan hemat. Bentuknya persegi dan ukurannya sedang dan diatasnya terdapat lubang silinder yang mirip seperti cerobong asap.

Meskipun seperti cerobong asap,Anda tidak usah khawatir karena cerobong ini tidak mengeluarkan asap yang mengepul. Alat pemanas ini memiliki prinsip kerja yang sama dengan proses memasak air dengan panci di atas kompor gas. Namun perbedanya adalah airnya tidak dimasukkan ke dalam panci tapi dimasukkan ke dalam pipa-pipa, yang pada bagian bawahnya mengalami pembakaran dengan menggunakan gas.Kapasitas alat pemanas ini bermacam-macam misalnya ada yang 5, 8 sampai 10 liter permenitnya.

Kelebihan Gas Water Heater antara lain yaitu lebih praktis karena dapat dioperasikan kapan saja,tidak memerlukan arus listrik dan tidak terpengaruh oleh cuaca mendung. Jadi saat malam hari tanpa ada sinar matahari atau pada waktu mati lampu sekalipun Anda masih tetap bisa menggunakannya.Pemanas air dengan menggunakan gas ini harganya relatif lebih murah dibandingkan dengan pemanas air lainnya.

Sedangkan kekurangan Gas Water Heater yaitu harga pemanas ini akan ikut naik dan bertambah mahal jika harga BBM atau gas sedang mahal atau sedang mengalami kelangkaan.Pemasangan pemanas air ini juga membutuhkan ketelitian, jangan sampai salah prosedur pemasangannya

2.Water Heater Listrik

Sesuai dengan namanya, pemanas air ini menggunakan arus listrik sebagai sumber energi panasnya. Ada dua jenis water heater listrik yang beredar di pasaran, yaitu sistem pemanas tangki dan pemanas instan. Proses kerjanya seperti sebuah termos listrik.

Air yang ditampung di dalam tangki berisolasi dan di dalamnya dilengkapi dengan pipa yang memiliki elemen pemanas listrik dengan posisi melingkar. Di dalam tangki pemanas tersebut terdapat tiga elemen atau bagian utama yaitu Heating element,Thermostat dan Magnesium Anode.

Heating element biasanya terbuat dari bahan kuningan dan ini adalah bagian yang bekerja untuk memanaskan air.Lalu,Thermostat adalah bagian yang berfungsi menjaga air di dalam tangki agar tetap panas pada suhu-suhu tertentu.Sedangkan Magnesium Anode adalah bagian yang berfungsi menetralisasi ion di dalam air sehingga bisa mencegah terjadinya karat pada tangki.

Karena pemanas air ini menggunakan listrik,terkadang ada kekhawatiran takut tersengat listrik.Akan tetapi sebenarnya hal ini tidak perlu terlalu dikhawatirkan karena pemanas air ini sudah menggunakan pengaman anti kontak. Pengaman ini secara otomatis akan memutus aliran listrik jika terjadi kerusakan seperti kebocoran dan masalah-masalah lainnya.

Kelebihan Water Heater Listrik yaitu lebih praktis, karena pada waktu akan menggunakannya Anda tinggal menyalakan atau menghubungkan dengan listrik dan pemanas bisa langsung digunakan.

Sedangkan kekurangan Water Heater Listrik yaitu karena alat pemanas air ini menggunakan konsumsi listrik maka daya listrik di rumah Anda harus memiliki kapasitas yang cukup besar. Volume air yang mengalir tidak terlalu besar dan panasnya juga kurang bisa bertahan lama.Jika listrik di rumah Anda sedang mati lampu otomatis pemanas air ini tidak dapat digunakan.

3.Water Heater Tenaga Surya

Water Heater Tenaga Surya atau Solar Water Heater adalah pemanas air yang memanfaatkan cahaya matahari sebagai sumber energinya. Alat pemanas air jenis ini sangat ramah lingkungan dan lebih aman dalam pengoperasiannya. Hanya saja dalam hal pemasangan lebih rumit daripada water heater gas maupun listrik.

Pemanas air jenis ini tidak begitu memerlukan biaya perawatan yang besar, karena sumber panasnya adalah sinar matahari dan bisa didapatkan secara gratis. Dengan demikian maka tagihan listik tidak akan melonjak tinggi.

Alat pemanas air tenaga surya ini memiliki bagian-bagaian yang penting antara lain Tangki penampung air,Panel kolektor dan pipa-pipa. Tangki penampung air berfungsi untuk menyimpan air.Panel kolektor berfungsi untuk menyimpan sinar matahari yang terdiri atas plat alumunium yang diluarnya dilindungi oleh kaca setebal 5mm dan biasanya dipasang di atas atap rumah.Sedangkan pipa-pipa berfungsi mengalirkan air panas dari tangki ke kran air yang terpasang di rumah.

Water Heater Tenaga Surya ternyata masih menggunakan tenaga dari listrik. Hal ini dimaksudkan untuk mengantisipasi agar pada musim hujan atau malam hari di saat matahari sudah tidak mengeluarkan sinarnya,pompa tetap bisa hidup dan mengalirkan air ke kran dan menyalakan air.

Kelebihan Water Heater Tenaga Surya antara lain Ramah lingkungan, lebih hemat karena menggunakan sinar matahari yang bisa didapatkan dengan gratis dan sangat melimpah tersedia di alam.Walaupun menggunakan energi listrik, tetap saja biaya operasional pemanas ini relatif kecil. Hal ini karena konsumsi listrik tidak diperlukan setiap saat tapi hanya pada waktu tertentu yaitu pada saat alat ini sedang memerlukan energi cadangan saja.

Sedangkan kekurangan Water Heater Tenaga Surya antara lain Harga pemanas ini relatif lebih mahal dengan pemanas lainnya.Proses pemasangannya juga rumit dan harus teliti,panel surya harus dipasang di atap rumah dengan kemiringan tertentu dan sesuai standar. Jika kemiringannya kurang maka harus dipasang rangka tambahan sehingga hal ini tentunya akan menambah biaya lagi.

Blog Archive

Total Pageviews

Copyright © Sarana Bangunan. All rights reserved. Template by CB. Theme Framework: Responsive Design