Informasi Bahan Bangunan

Pasir yang Bagus untuk Plester

Pasir Mundu dengan dengan ciri khas warnanya yang agak kecokelatan dan tekstur butirannya yang tidak terlalu kasar banyak diminati masyarakat dalam melakukan pekerjaan renovasi maupun membangun rumah tinggal. Pasir Mundu terbilang cukup baik kualitasnya, dengan harga yang relatif murah sehingga pekerjaan pembangunan suatu konstruksi gedung, rumah maupun sarana lainnya menjadi lebih hemat dan efisien.

Pasir Mundu juga banyak diminati oleh para pedagang atau pemilik toko material bahan bangunan sebagai material alam yang cukup laris untuk dijual.Pasir Mundu dengan kualitas terbaik dikelasnya dapat dipergunakan untuk pemasangan dinding bata maupun batako hingga plesteran dinding konstruksi bangunan.

Jika kita hendak membuat adonan semen dan pasir untuk plesteran,sebelum dicampur air sebaiknya semen dan pasir harus tercampur sempurna terlebih dahulu dengan cara dibolak balik menggunakan cangkul sampai terlihat rata.Terkadang sering terjadi tukang aduk buru-buru menambahkan air padahal campuran semen dan pasir belum rata betul.Semen dan pasir yang tidak tercampur sempurna biasanya akan membuat mutu kekuatan permukaan dinding menjadi berbeda-beda.Di satu sisi ada yang keras dan kuat tapi di bagian dinding lainnya ada yang mudah retak dan rontok. Cara mengaduk pasir dan semen yang benar adalah campurkan semen dan pasir hingga rata kemudian buatlah lubang di tengah adonan tersebut yang nantinya akan diisi air tujuannya supaya air tidak mengalir kemana-mana.Gunakan air bersih sesuai kebutuhan,jangan terlalu padat atau terlalu encer karena hal ini akan berpengaruh pada kualitas adonan.

Untuk komposisi adonan semen dan pasir untuk plesteran ada sedikit perbedaan. Komposisi adonan semen dan pasir untuk plesteran dinding biasa tidak sama dengan plesteran dinding kamar mandi. Perbandingan semen dan pasir untuk plesteran dinding biasa adalah 1:6,sedangkan adonan semen dan pasir untuk kamar mandi adalah 1:4 supaya hasilnya lebih keras dan tidak mudah rontok karena suhu ruangan di kamar mandi cenderung lembab.Jika ingin membuat adonan yang lebih keras lagi perbandingan semen dan pasirnya adalah 1:3.

Tembok retak biasanya disebabkan karena beberapa faktor antara lain kualitas pasir yang kurang bagus,perbandingan komposisi adonan semen dan pasir yang kurang tepat maupun kesalahan-kesalaahan lain yang berhubungan dengan masalah teknis.Kesalaha-kesalaha yang termasuk dalam masalah teknis misalnya pada saat melakukan pekerjaan plesteran dinding bata merah atau batako yang seharusnya dibasahi terlebih dahulu,hal ini justeru diabaikan. Retak-retak pada plesteran biasanya timbul disebabkan karena suhu panas dari batako atau bata merah yang mencari celah keluar untuk melepaskan suhu panasnya. Oleh karena itu yang perlu diperhatikan adalah jangan tergesa-gesa pada saat melakukan pekerjaan di bagian ini.

Cek harga pasir mundu klik disini

Blog Archive

Total Pageviews

Copyright © Sarana Bangunan. All rights reserved. Template by CB. Theme Framework: Responsive Design