Informasi Bahan Bangunan

Material Bata Merah

Bata merah press merupakan salah satu bahan material sebagai bahan pembuat dinding. Batu bata terbuat dari tanah liat yang dibakar di Lio sampai berwarna kemerah-merahan.Tidak semua tanah lihat bisa digunakan.Tanah liat yang paling bagus untuk membuat bata merahanya adalah tanah liat yang memiliki kandungan pasir tertentu.

Pada prinsipnya dinding dalam bangunan rumah memiliki fungsi sebagai pembatas ruang dan tidak memiliki struktur sebagaimana yang didukung oleh kolom atau tiang.Namun demikian ada juga dinding dinding yang memiliki fungsi menyalurkan beban kepada pondasi dalam hal ini biasanya beban rangka atap dan plafon yang sering kali posisinya menjadikan dinding sebagai penyalur beban atap.

Jadi meskipun pada masa sekarang dinding pemisah rumah mengalami perkembangan dari sisi materialnya misalnya bata ringan,rangka kayu dan material gypsum tapi hanya material bata merahlah yang memiliki kekuatan lebih untuk menahan beban.

Bata merah umumnya memiliki ukuran 4cmX8cmX17cm.Dari segi kualitas bakaran yang paling bagus adalah bagian tengahnya biasanya hasil bakarannya matang dan warna batanya kemerahan dan yang sedang adalah hasil bakaran bagian bawah batanya terlalu matang hingga warnanya agak kehitaman.Sedangkan yang kurang bagus adalah hasil bakaran yang paling atas warnanya kemerahan tapi kurang matang sehingga mudah hancur jika terkena air hujan jika tidak segera dipasang

Cek harga bata merah klik disini

Blog Archive

Total Pageviews

Copyright © Sarana Bangunan. All rights reserved. Template by CB. Theme Framework: Responsive Design