Informasi Bahan Bangunan

Cara Membuat Ruang Kerja di Rumah Sehat dan Nyaman

Mempunyai ruang kerja di dalam rumah meskipun sederhana tentunya harus memenuhi semua aspek kesehatan dan kenyamanannya . Ruangan yang sehat dan nyaman akan membantu kita melahirkan ide yang brilian serta yang terpenting kondisi badan kita tetap terjaga dan tetap bugar. Untuk mewujudkan ruang kerja dengan syarat dasar tersebut, ada hal yang harus kita perhatikan.

1.Ruangan kerja alangkah baiknya memiliki pencahayaan yang cukup di siang maupun malam hari. Ruang dengan pencahayaan kurang optimal akan menyebabkan kita jadi  malas menghidupkan lampu,mata kita akan bekerja ekstra sehingga membuat kita cepat terasa lelah.Ruang kerja sebaiknya dilengkapi jendela dengan ukuran yang sesuai untuk penerangan di saat siang.Pada saat malam hari,gunakanlah penerangan dengan lampu bercahaya putih yang merata di setiap ruangan, sehingga tidak memunculkan  bayangan di beberapa titik. Jika ruang kerja kita terpaksa harus berada di dalam kamar,gunakanlah lampu meja yang tidak terlalu terang dengan penutup kepala lampu.Pilihlah bola lampu yang tidak terlalu terang, karena dengan jarak yang terlalu dekat akan mengganggu mata kita.

2. Ruang kerja yang panas dan pengap akan menyebabkan kita cepat merasa lelah dan jenuh. Maka dari itu,sediakanlah jendela ukuran memadai yang dapat mengalirkan udara dari luar atau sebaliknya ke rumah kita. Jika ruangan tidak memungkinkan untuk membuka jendela dengan lebar, alternatifnya Anda harus menyediakan penyejuk udara.

3.Ruang kerja memerlukan pemandangan indah dan suara merdu supaya kita bisa terus berkonsentrasi dengan tenang.Misalnya menghadap ke jendela sehingga  kita bisa melihat taman atau kolam air mancur. Karena dengan menghadap ke taman akan dapat mengistirahatkan mata kita sejenak pada saat lelah berada di depan komputer atau berkas pekerjaan. Suara gemericik air mancur atau kolam dapat terkadang membuat seseorang merasa rileks.

4.Meletakkan meja jika tidak pas akan mengganggu konsentrasi dan kenyamanan kerja kita. Jangan letakkan komputer membelakangi jendela, karena akan membuat kita silau saat melihat layar. Paling nyaman adalah jendela berada di samping kita atau menghadap ke jendela sekalian. Pada saat letih kita dapat mengangkat kepala dan sesekali merasakan hembusan angin atau melihat pemandangan di luar jendela.

Blog Archive

Total Pageviews

Copyright © Sarana Bangunan. All rights reserved. Template by CB. Theme Framework: Responsive Design