Informasi Bahan Bangunan

Cara Memilih dan Menentukan Ukuran Besi Beton

Besi beton adalah salah satu material yang memiliki peran sangat penting sebagai pembentuk beton bangunan. Kualitas dan kuantitas besi beton yang digunakan biasanya berbanding lurus dengan dimensi beton.Alhasil semakin besar dimensi beton, ukuran dan jumlah besi beton yang digunakan juga semakin besar.

Besi beton menjadi bahan bangunan yang sangat penting. Besi beton itu akan menjadi tulang penyangga konstruksi bangunan.Oleh karena itulah besi beton harus memiliki ukuran berdasarkan lokasi dan konstruksi bangunannya. Misalnya jika letak bangunan berada di pinggir jalan, sebaiknya  menggunakan besi yang lebih besar ukurannya. Hal ini bertujuan agar besi batangan dapat menahan getaran ketika ada kendaraan.Lalu apabila permukaan tanahnya adalah jenis tanah gembur misalnya bekas tanah persawahan atau tanah yang mudah longsor besi cakar ayam akan sangat diperlukan.

Kemudian konstruksi bangunan juga sangat menentukan ukuran besi beton yang diperlukan. Besi yang diperlukan untuk rumah sederhana berlantai satu tentu berbeda dengan rumah bertingkat. Jika bangunan bertingkat, besi yang diperlukan biasanya memiliki ukuran yang lebih besar dan memerlukan cakar ayam.Sedangkan untuk bangunan biasa yang hanya berlantai satu besi yang diperlukan bisa lebih kecil dan tidak memerlukan cakar ayam.

Jenis besi beton yang biasa dijual di toko bangunan ada yang disebut besi batangan dan besi jadi sesuai ukuran dan kegunaannya.Untuk bangunan yang memerlukan besi ukuran besar sebaiknya menggunakan besi batangan karena bisa dirangkai sendiri disesuaikan dengan kebutuhan bangunannya tapi kekurangannya lebih lama dalam pengerjaannya.Sedangkan untuk bangunan sederhana bisa menggunakan besi jadi yaitu besi yang sudah dibentuk dan siap pakai misalnya cakar ayam,tiang jadi,besi sluf dan sebagainya.Keuntungannya pengerjaan lebih cepat karena tidak perlu merangkai lagi tapi kekurangannya ukuran besinya relatif kecil atau standar.

Untuk ukuran besi batangan yang dijual di toko bangunan umumnya panjangnya 12 meter,sedangkan diameternya ada istilah ukuran full dan ukuran banci.Yang dimaksud ukuran full yaitu sesuai atau mendekati ukuran sebenarnya sedangkan yang dimaksud ukuran banci yaitu lebih kecil dari ukuran sebenarnya.

Cek Harga Besi

Blog Archive

Total Pageviews

Copyright © Sarana Bangunan. All rights reserved. Template by CB. Theme Framework: Responsive Design